Beginilah Perayaan Kelulusan Sekolah Dari Berbagai Dunia


Perbandingan tradisi kelulusan di indonesia dan negara laian

Bukan corat coret seragam, inilah yang di lakukan pelajar di negara lain

kelulusan adalah momen yang di idamkan para murid atau siswa sekolah, saat ini di indonesia telah di laksanakanya ujian nasional untuk tingkat sma/smk. adapun tradisi setelah lulus sekolah para murid di indonesia cenderung melakukan perayaan kelulusan dengan mencorat coret seragam mereka.

Namun apakah murid atau siswa dinegara lain juga corat coret seragam? mungkin perayaan kelulusan mereka berbeda. berikut adalah tradisi perayaan kelulusan di negara lain :

Perayaan Russefeiring, norwegia Salah satu negara di Eropa yaitu Norwegia juga mempunyai tradisi perayaan kelulusan sekolah Mereka merayakan kelulusan sekolah dengan pesta minum selama tiga minggu dan tantangan yang tidak tahu malu di bulan April sebelum ujian akhir mereka. Perayaan Russefeiring di peringati sejak tahun 1905 ketika topi rus (russelue) pertama kali diperkenalkan untuk perayaan kelulusan sebagai tanda bahwa sebentar lagi mereka akan menempuh sistem pendidikan yang lebih tinggi. pada awalnya topi merah tersebut hanya digunakan oleh anak laki-laki saja, dicetuskannya topi merah di norwegia terinspirasi oleh para siswa jerman yang pada tahun 1904 memakai topi merah ketika mereka mengunjungi Norwegia. Pada tahun 1916, topi biru diperkenalkan di Oslo Commerce School, sekolah tinggi bergengsi khusus di bidang Ekonomi dengan tujuan untuk membedakan mereka dari lulusan Sekolah Umum. setelah itu perayaan terus berlangsung secara bertahap, baju russ yang berwarna senada mulai di perkenalkan, dan topi hanya dikenakan di hari terakhir perayaan.


Indobaca.com

Tradisi buka kancing di jepang
jika kelulusan sekolah sudah tiba, kegiatan yang biasa di lakukan siswi pelajar Jepang ialah mengambil kancing seragam sekolah (Gakuran) cowok idolanya. Kancing gakuran yang letaknya paling dekat dengan hati adalah kancing yg diperebutkan oleh para cewek dan biasanya diambil duluan oleh pacar atau gebetan. Laki-laki yang kancing Gakurannya habis karna diambil cewek-cewek adalah laki-laki yang populer. Sedangkan, Cewek yang paling banyak mendapatkan kancing Gakuran adalah cewek yang populer di mata cowok. Kancing tersebut boleh diambil tentunya atas ijin cowok terlebih dahulu.


tribunnews.com

The Last Bell, Rusia
Bunyi bel pada bulan Mei adalah bunyi penanda bahwa hari tersebut adalah hari terakhir dalam tahun ajaran tersebut. Para pelajar Rusia menyambut bunyi bel tersebut dengan suka cita. Para pelajar menggunakan baju berwarna putih dan hitam, dimana para wanita menggunakan celemek untuk melindungi pakaiannya agar tidak kotor. Para pelajar yang merayakan kelulusannya berkumpul bersama di halaman sekolah, lalu dilanjutkan dengan acara bebas seperti mandi bersama-sama di air mancur kolam.


Image by : Chinadaily.com.cn

Artikel ini di tulis oleh Bang Rajo kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Sumber : vebma.com

News Reporter